Pages

Dandie @2016. Powered by Blogger.

Friday 4 March 2016

Pengertian Motherboard dan bagiannya

Kali ini saya akan membahas tentang motherboard dan bagian-bagian dari motherboard. Motherboard sendiri merupakan papan utama atau bagian utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam system motherboard. Pada motherboard terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem dan lain-lain. Motherboard berfungsi sebagai pusat kendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang dikesatuan motherboard.



Socket 478 Connector
Soket 478 connector Processor digunakan untuk meletakan processor pada motherboard, soket ini terdiri dari banyak pin - pin yang berjajar dengan rapi. Bagian motherboard yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting terhadap lalu lintas data yang baerjalan didalam sebuah perangkat komputer. terdapat bermacam - macam jenis socket CPU yang sekarang ini ada diantaranya DIP, PLCC, Socket 1 - 8, Super Socket 7, Slot 1 - 2, Socket 463 / Socket NexGen, Socket 587, Socket A, Socket B, Socket 370, Socket 462/ Socket A, Socket 423, Socket 478/Socket N, Socket 495, PAC418, Socket 603, PAC611, Socket S1, Socket 754, Socket 940, Socket 479, Socket 939, LGA 775/Socket T, Socket 563, Socket M, LGA 771/Socket J, Socket S1, Socket AM2, Socket F/ , Socket L (Socket 1207FX), Socket AM2+, Socket P, Socket 441, LGA 1366 / Socket B, rPGA 988A/Socket G1, Socket AM3, LGA 1156/Socket H , Socket G34, Socket C32, LGA 1248, LGA 1567, LGA 1155/Socket H2, LGA 2011/Socket R, rPGA 988B/Socket G2, Socket FM1, Socket AM3+, Socket FM2, LGA 1150/Socket H3 dan Socket G3/ Socket G3. Hal yang perlu diperhatikan apabila anda ingin mengganti processor dengan processor yang baru adalah anda harus melihat jenis socket CPU yang anda miliki, karena apabila tidak cocok processor tidak akan bisa dipasang pada perangkat Motherboard anda.

12V ATX Power Connector
Konektor Power merupakan bagian dari Motherboard yang digunakan untuk menghubungkan Motherboard itu sendiri dengan PSU ( Power Supply ), ada dua jenis konektor power yang ada sekarang ini yaitu konektor tipe AT dan tipe ATX. Untuk membedakan jenis dari konektor AT dan ATX, sobat bisa melihatnya dari bentuknya, apabila konektor tersebut terpisah menjadi dua bagian berarti konektor itu termasuk jenis AT, dan apabila konektor pada Motherboard tersebut menjadi satu header berarti konektor tersebut termasuk jenis ATX.

Back Panel Connector
Merupakan kumpulan port yang biasanya  terletak dibelakang casing atau wadah computer PC. PC Port yang biasanya terletak dibelakang PC digunakan untuk memasang komponen-komponen output dan input seperti Monitor, Keyboard, Mouse, RJ-45 Ethernet, Speaker Dan Lain Sebagainya. Untuk back panel anda hanya tinggal lihat saja karena sudah sangat jelas setiap port diberi keterangannya dan sangat mudah untuk memahaminya.

AGP 8X Slot
AGP 8X Slot atau Slot AGP (Accelerated Graphics Port) digunakan untuk meletakan atau memasang VGA Card / kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D atau membuat desain. Letaknya selalu di samping slot PCI. Bagian motherboard ini yang harus diperhatikan apabila anda seorang gamers / desainer.

Intel ICH5R Shouthbridge Chipset dan Northbridge Chipset
Chip yang bertugas untuk mengontrol aliran data dari bus PCI, interface harddisk, sound onboard, LAN onboard, IEEE1394 onboard, USB, Serial port, Parallel port, PS2 port dan peripheral eksternal lainnya.
Selain chipset yang terdiri dari kombinasi northbridge dan southbridge, ada juga chipset yang merupakan single chip atau system-on-chip. Biasanya chipset jenis ini menyediakan komponen-komponen seperti VGA, sound, LAN, dan lain-lain secara terintegrasi. Sebagai chip yang mengatur semua kerja komponen pada motherboard maupun lalu lintas data, chipset ini memegang peranan amat penting. Pasalnya performa maupun fitur-fitur yang didukung oleh motherboard amat tergantung dari chipset yang digunakan.
Penentuan prosesor yang didukung sebuah motherboard, jenis dan teknologi memori yang dapat digunakan, kemampuan AGP yang dimiliki, maupun dukungan terhadap beragam fitur yang ada di dalam motherboard ditentukan oleh komponen yang disebut chipset ini. Pada motherboard modern, chipset ini biasanya dibagi menjadi dua bagian. Masing-masing bertanggung jawab terhadap komponen yang berbeda pada motherboard. Kecuali untuk Northbridge-yang menjadi chipset pengendali utama selain mengendalikan kerja yang berhubungan dengan prosesor, memori, dan kartu grafis juga mengendalikan kerja Southbridge yang merupakan chipset pendukung.
Tipe chipset pada motherboard sangat beragam seperti chipset Intel, AMD, ATI, NVIDIA, VIA dan SiS. Biasanya produsen chipset mengembangkan chipset-nya dengan mengikuti perkembangan teknologi processor. Disisi lain para produsen motherboard mengembangkan motherboard-nya seiring dengan perkembangan teknologi processor dan chipset. Jadi jangan heran jika varian motherboard merk A misalnya, walaupun merknya sama namun masing-masing motherboard keluaran A menggunakan jenis chipset yang berbeda disetiap motherboard-nya, dengan demikian masing-masing motherboard keluaran A tersebut memiliki fitur, kinerja dan harga yang berbeda pula.
Sedangkan North Bridge adalah sebuah Chip yang berfungsi untuk mengontrol kinerja prosesor, kartu grafis, memori utama, dan bahkan southbridge, karena itu Nord Bridge merupakan bagian Motherboard yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah komputer.

IDE Connector
IDE ( Integrated Device Electronics ) merupakan konektor yang digunakan untuk memasang perangkat yang mendukung konektor IDE, seperti CDRoom dan Hard Disk, sedangkan Konektor Floppy digunakan untuk memasang perangkat seperti Floppy Disk, untuk memasang komponen tersebut digunakan kabel data berbentuk lebar dan tipis.

Serial ATA Header
SATA ( Serial ATA / Serial Advanced Technology Attachment ) merupakan konektor yang berfungsi sebagai port data, fungsinya hampir sama dengan Konektor IDE, tetapi bentuknya lebih ramping dan kecepatan transfer datanya pastinya lebih cepat dari pada Konektor IDE.

DDR DIMM Memory Slots
Bagian Motherboard yang satu ini berfungsi untuk meletakan memori / RAM. Slot ini juga memiliki jenis - jenis yang bermacam - macam. Berdasarkan jumlah pinnya Slot Ram dibedakan menjadi FPM DRAM, EDO RAM, BEDO RAM, SD RAM, RD RAM, DDR SDRAM dan DDR ( DDR sendiri ada beberapa jenis lagi DDR 1, DDR 2, DDR 3, DDR 4 ). sama seperti socket CPU, Dalam memilih RAM sobat juga harus memperhatikan Slot RAM yang ada pada Motherboard sobat, karena apabila tidak sejenis, maka RAM yang sobat punya tidak akan bisa terpasang dan berfungsi normal.

FDD Connector
FDD ini berfungsi untuk memasang kabel IDE Floppy Disk Drive

CD-In Header
Berfungsi untuk memasang IDE CD- Drive pada motherboard

BIOS
BIOS adalah program dasar yang digunakan sebagai antarmuka antara sistem operasi dan motherboard. BIOS yang disimpang didalam ROM (read only memory), menggunakan data didalam CMOS untuk mengetahui system konfigurasi hardware. BIOS dapat dikonfigurasi antarmuka (bernama BIOS Setup), yang dapat diakses pada saat booting Komputer. BIOS setup hanya digunakan sebagai interface untuk konfigurasi data yang disimpan didalam CMOS.

Disini saya mengumpulkan data tentng merek motherboard terbaik.

ASUS
Merek Motherboard yang satu ini dikenal sebagai pemimpin dari produk Motherboard yang ada dipasaran Asia saat ini, yang menguasai hampir 40 % dari pangsa pasar Motherboard yang ada di Asia, dan menyandang predikat sebagai “Best Motherboard Brand” dalam kurun waktu enam tahun berturut - turut. Kestabilitas, kemampuan overclock, serta efisiensi energi, merupakan fitur unggulan dari merek Motherboard yang satu ini. markas besar Asus berada di Beitou District, Taipei, Taiwan.

GIGABYTE
Gigabyte Technology Co Ltd didirikan pada tahun 1986 oleh Pei-Cheng Yeh dan bermarkas di Xindian District, New Taipei City, Taiwan. Fitur utama dari Gigabyte adalah Ultra-Durable motherboards, yang memiliki design unik. Gigabyte menduduki peringkat ke-17 diajang "Taiwan's 2010 Top 20 Global Brands"

MSI
MSI merupakan kependekan dari Micro-Star International yang merupakan produsen motherboard asal Taiwan, berdiri pada tahun 1986 dengan markasnya berada di Distrik Zhonghei, Taipei, Taiwan. Produk - Produk MSI kebanyakan mempunyai design yang kecil dan simpel serta mempunyai kecepatan putaran FAN yang sangat tinggi. menjadikan Motherboard ini tidak mudah panas.

EVGA
Merupakan produsen Mainboard asal Amerika yang sekaligus produsen kartu grafis Nvidia. Didirikan pada bulan Juli 1999 dan berkantor pusatnya berada di Brea, California - Amerika. untuk masalah kinerja dari Motherboard EVGA tidak usah ditanya lagi, sangat mengagumkan. kebanyakan produk yang dihasilkan oleh EVGA mempunyai design ramping sehingga tidak banyak memakan ruang casing komputer.

INTEL
Dan yang terakhir ini yang bikin greget, Intel Corporation adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berkantor pusat di Santa Clara, California. Intel juga merupakan salah satu perusahaan semikonduktor terbesar di dunia, berdiri pada tanggal 18 Juli 1968. Dari segi produk Motherboardnya tentunya kualitas dan performanya bisa diandalkan. Berbagai produk unggulan lain dari Intel diantaranya Bluetooth chipsets, Flash memory, Microprocessors, Motherboard, Lan Card, Handphone, Harddisk dan Processor


Demikian penjelasan singkat tentang Motherboard. Sekian dan terima kasih
baca juga hardware

0 komentar:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About