Pages

Dandie @2016. Powered by Blogger.

Sunday 26 March 2017

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI YANG MATI / TIDAK MAU MENYALA

Hari ini suntuk ga ada yang dikerjakan karena komputer mati/ga mau nyala, padahal kemaren baik-baik saja!!
Masalah ini pasti pernah dialami oleh pengguna komputer, ga perlu panik dan terburu-buru asal bawa ke tukang service, padahal hal semacam ini dapat kita selesaikan sendiri asal bukan karena kerusakan hardware yang mengharuskan kita mengganti komponen di komputer kita ya guys, setidaknya nih ya, kita tau hal pertolongan pertama pada komputer yang kita gunakan, 
Biasanya nih ciri-ciri yang mendasar karena komputer tidak mau hidup adalah daya listrik ke PC sebenarnya masuk tapi tidak menampilkan apa-apa di monitor, jadi sebelum mengecek lainnya, lebih baik memastikan aliran listrik untuk pc kita. Ada tuh temen saya nih,
sangking bingungnya dia, langsung dibawanya ke tukang service, kan sayang ngeluarin duit 50 ribu ternyata hanya tidak ada listrik yang mengaliri, rugi uang dan waktu bukan.

Namun jika kita melihat terdapat lampu dari dalam kipas atau motherboard tetapi ga ada nampil dilayar, kemungkinan ada beberapa alasan mengapa monitor anda tidak menampilkan informasi/menyala seperti biasa,  maka perlu bagi anda untuk mengetahui apa penyebabnya dengan mengecek melalui point-point dibawah.

 1. Periksa layar monitor kita, mulai power dan sambungan kabel bisa jadi kurang kencangnya kabel yang terpasang karena diganggu hewan pada saat kita tidak berada di depan layar monitor, Jadi pastikan terlebih dahulu dan jika perlu bisa kita mencobanya di komputer lain (jika punya komputer lebih dari 1 loh ya :D), jadi jika kipas dan cpu berkerja namun monitor tidak menampilkan informasi/menyala maka kemungkinan besar monitornya yang bermasalah.

2. Uji power supply komputer. UPS cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sering menjadi penyebab komputer tidak mau dihidupkan. atau kita bisa mencobanya langsung dari stop kontak.

3. Coba cabut baterai CMOS yang ada pada matherboard, lalu pasang kembali dengan begitu kita bisa menghapus memori BIOS pada motherboard , dan otomatis akan kembali pengaturan BIOS ke setting default bawaan. Akibat dari kesalahan konfigurasi BIOS bisa menyebabkan PC Anda tidak dapat startup. 

4. Langakah ke empat ini kita mulai menghancurkan CPU kita nih, hehehe maksudnya kita harus mencoba membongkar CPU milik kita, jika ternyata komputer anda berbunyi “Bip” maka kemungkinan besar yang bermasalah VGA, Memory (RAM), atau Batery CMOSnya, untuk solusi sementara coba copot lalu pasang kembali memory card (RAM) yang ada dalam CPU, jadi anda harus membongkar CPU komputer.

5. Jika cara tersebut masih belum bisa, coba lepas processor, mulai dari kipas pendinginnya, bersihkan kipas pendingan dari debu, biasanya jika proccessor terlalu panas, komputer akan mati dan tidak mau menyala sampai proccessor dingin kembali, ada satu trik nih buat kita semua, pada bagian belakang proccessor dapat kita kasih odol, balsem, koyo untuk menahan laju panas CPU ke proccessor, trik ini sering saya gunakan pada komputer kantor, dan selalu berhasil.

6. Namun jika semua cara diatas gagal Anda bisa membawanya ke bengkel komputer (tukang service komputer yang dipercaya), karena mungkin ada komponent komputernya yang memang benar-benar rusak (seperti ; motherboardnya mungkin, atau komponent komputer lainnya) yang memang harus diganti.

Inilah masalah yang dan cara untuk menghadapinya yang dapat saya bagi kali ini, jika ada tips lainnya mohon masukkan dan tripsnya di kolom komentar guys, jadi ketika menggunakan komputer gunakanlah sesuai aturan penggunaan komputer yang benar agar komputer awet dan tidak mudah rusak (baik dari segi hardware ataupun softwarenya).

0 komentar:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About